cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2014)" : 12 Documents clear
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 KENDARI La Ode Muh. Arisman Silea; Hasnawati .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.687 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar denganpembelajaran konvensional pada siswa Kelas VIII SMPN 10 Kendari pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Kendari pada semester genap TA 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Kendari, dan sampelnya adalah kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumennya adalah tes belajar matematika pada materi SPLDV. Data hasil tes belajar tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis inferensial melalui uji t dapat disimpulkan bahwa secara signifikan hasil belajar matematika antara siswa yangdiajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Kelas VIII6) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (Kelas VIII4) SMPN 10 Kendari pada pokok bahasan SPLDV. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif; konvensional; NHT
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KENDARI Suci Rahma Hamid; Zamsir .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.566 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kemampuan representasi matematik yang lebih tinggi antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang diajardengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel dengan jumlah 402 orang. Teknik  pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara simple random sampling. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan representasi matematik berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistikdeskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematik siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Problem Posing lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan representasi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa pendekatan pembelajaran Problem Posing mempunyai pengaruh terhadap kemampuan representasi matematik  siswa kelas VII SMP Negeri 9Kendari, khususnya pada materi Segiempat. Kata Kunci: problem posing; representasi matematik; konvensional
EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KENDARI Arini Puspitasari; Lambertus .; Hafiludin Samparadja
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.499 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3104

Abstract

Salah satu kemampuan yang perlu dikuasai siswa berdasarkan Depdiknas adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Tetapi, dari fakta teoritis dan fakta empiris menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika siswa masih perlu menjadi perhatian. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematik  siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari sebelum dan sesudah diajar dengan pendekatan pembelajaran open-ended dan pembelajaran konvensional serta mengkaji secara inferensial efektivitas pendekatan pembelajaran open-ended dibandingkan dengan  pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Dari hasil analisis data danpembahasan diperoleh kesimpulan, (1) Pada pendekatan pembelajaran open-ended aspek menyelesaikan masalah merupakan aspek kemampuan pemecahan masalah matematik dengan peningkatan tertinggi yaitu sebesar 50,24% sedangkan pada pembelajaran konvensional aspek menjawab masalah merupakan aspek kemampuan pemecahan masalah matematika dengan peningkatan tertinggi yaitu sebesar 38,18% dan (2) Pendekatan pembelajaran open-ended secarasignifikan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik. Kata Kunci: open-ended;  kemampuan pemecahan masalah matematik; konvensional
PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP YANGDIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG Rabani .; Fahinu .; La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.303 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif, (2) kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (3) perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang diajar dengan model pembelajara n generatifdan pembelajaran langsung. Dari hasil analisis berdasarkan hasil perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa antar dua kelompok diperoleh bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t table(thitung  = 5,841875>1,673 = ttabel) maka Ho ditolak, ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif (kelas eksperimen) dan yang diajar dengan pembelajaran langsung (kelas kontrol).  Kata Kunci: berpikir kritis matematik; pembelajaran langsung; pembelajaran generatif
PENGARUH KECERDASANA EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KENDARI Wa Ode Israria; La Misu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.343 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keadaan kecerdasaan emosional dan pemahaman matematis pada siswa kelas VIII di SMPN 5 kendari, (2) Pengaruh yang signifikan antara emotional terhadap pemahaman matematis pada siswa kelas VIII di SMPN 5 kendari. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan  pemahaman matematis sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kendari yang seluruhnya berjumlah 309 orang. Sampel penelitian adalah 75 siswa, menggunakan metode random class. Koefisien korelasi diketahui bahwa signifikansi = 0,014 denganpengujian menggunakan dua sisi dengan tingkat signifikansi 0,05=0,230 hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai r hitung >  r tabel = 0,281 0,230 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari, dengan sumbangan sebesar 7,9%.Kata Kunci: kecerdasan; kecerdasan emosional; pemahaman matematis;
KUALITAS TES BUATAN GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 8 BAUBAU TAHUN AJARAN 2012/2013 Harmawati Amrin; Busnawir .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.103 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3105

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) tingkat kesukaran (2) daya pembeda (3) berfungsi tidaknya setiap pengecoh (4) besarnya reliabilitas (5) besarnya kesalahan baku pengukuran (6) valid tidaknya butir (7) deskripsi butir tes dikaitkan taksonomi Bloom. Dari hasil analisis diperoleh: Tingkat kesukaran tergolong baik. Daya pembedanya tergolong baik, karena dari 20 butir soal terdapat 2 butir soal (10%) dengan kategori jelek, 9  butir soal (45%) berkategori cukup dan 9 butir soal (45%) berkategori baik. Seluruh butir tes tergolong valid.(4) Keefekt ifan pengecoh tergolong efektif karena dari 20 butir soal terdapat 14 butir soal (70%) memiliki distraktor yang efektif dan 6 butir soal (30%) yang distraktornya tidak efekt if. Reliabilitasnya adalah 0.721. Kesalahan baku pengukuran diperoleh nilai SEM sebesar 1,782 1,923. Deskripsi butir tes dikait kan dengan taksonomi Bloom adalah C1 10%, C2 25%, C3 50%, C4 15%, C5 0% dan C6 0%.   Kata Kunci: kualitas tes; daya pembeda; tingkat kesukaran
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KENDARI PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS Astuti, Reni; ., Suhar
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.654 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan scientific serta mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah? dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Hasi belajar matematika siswa Kelas VIII sebelum menggunakan? modelpembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan scientific pada materi? relasi dan fungsi memiliki nilai minimum 40.00, maksimum 80.00, mean 60.60, median 60.00 modus 55.00, standar deviasi9.743, dan varians 94.938.(2)Hasi belajar matematika siswa Kelas VIII setelah menggunakan? model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan scientific pada materi? persamaan garis lurus memiliki nilai minimum 60.00, maksimum 87.50, mean 74.30, median 75.00 , modus 70.00, standar deviasi 7.689, dan varians 59.125 (3)Terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaranberbasis masalah dengan pendekatan scientific? terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kendari pada materi persamaan garis lurus.?Kata Kunci : pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar matematika; pendekatan saintifik
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA KENDARI Wa Ode Sitti Musriani; Ikman .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.951 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3115

Abstract

Kemampuan koneksi dan representasi matematik adalah dua diantara lima kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa setelah mempelajari matematika sebagaimana tercantum dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tujuan penelitian untuk mengetahui deskripsikemampuan koneksi dan representasi matematik siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Kendari. SMP Negeri dipilih secara acak dari tiga level sekolah yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pada setiap level dipilih secara acak satu kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan awal matematika, tes kemampuan koneksi dan kemampuan representasi matematik. Data dianalisis secaradeskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji ANAVA satu jalur dan uji beda lanjut Scheffe. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi dan representasi matematik siswa di Kota Kendari (baik berdasarkan level sekolah maupun kategori PAM) masih rendah.   Kata Kunci: koneksi matematik; representasi matematik; PISA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII8 SMP NEGERI 1 KENDARI Indra Amaludin; La Ode Ahmad Jazuli
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.887 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3106

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas VIII8  SMP Negeri 1 Kendari pada materi kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian ini adalah: (1) keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dan siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 51,52%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,82% dan pada siklus III meningkat menjadi 93,94%. (2) Persentase kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 40% pada siklus I dengan sebaran 10 dari 25 siswa telah memperoleh nilai ≥ 75. Siklus II meningkat menjadi 63% dengan sebaran 15 dari 24 siswa memperoleh nilai ≥ 75. Siklus III meningkat menjadi 88% dengan sebaran 23 dari 26 siswa memperoleh nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII8  SMP Negeri 1 Kendari melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi kubus dan balok dapat ditingkatkan. Kata Kunci: meningkatkan; contextual teaching and learning; berpikir kritis matematika 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE TERHADAP KEMAMPUANPENALARAN GEOMETRIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KENDARI Ruslan .; Mohammad Salam
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.799 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i3.3111

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran geometris siswa sebelum pembelajaran, kemampuan penalaran geometris siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Van Hiele terhadap kemampuan penalaran geometris siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random kelas sehingga diperoleh sampel berupa kelas IXB  sebagai kelas eksperimen. Hasilanalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) gambaran kemampuan penalaran geometris siswa sebelum pembelajaran menggunakan model pembelajaran Van Hiele yaitu 35 orang siswa kemampuannyaberada pada level visualisasi, 7 orang siswa berada pada level analisis dan 1 orang siswa  berada pada level deduksi informal,  (2) gambaran kemampuan penalaran geometris siswa setelah pembelajaranmenggunakan model pembelajaran Van Hiele yaitu 36 orang siswa kemampuannya berada pada level visualisasi, 35 orang  berada pada level analisis dan 19 orang  berada pada level deduksi informal, (3) model pembelajaran Van Hiele memberikan pengaruh sebesar 75,2% terhadap kemampuan  penalaran geometris siswa pada materi kesebangunan. Kata Kunci: van hie le; penalaran geometris; kesebangunan

Page 1 of 2 | Total Record : 12